AUTHOR GUIDELINES

PEDOMAN PENULIS (Author guidelines)

 Artikel yang dikirim ke Jurnal JIKI ( Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika ) merupakan hasil penelitian dengan menggunakan studi literatur yang memenuhi standar penulisan ilmiah dan fokus pada kelimuan :

  • Management Information System
  • Knowledge Management System
  • Project Management System
  • Geographic Information System
  • Supply Chain Management
  • Customer Relationship Management
  • Artificial Intelligence
  • Decision Support Systems
  • Software Engineering & Software Re-Engineering
  • Data Management
  • Data Mining
  • Cloud Computing
  • Internet Of Things

 Lainnya yang masih relevan dengan topik-topik di bidang ilmu komputer.

 FORMAT UMUM PENULISAN

 Artikel diketik dengan spasi ganda, kecuali kutipan langsung diketik satu spasi. Tiap- tiap paragraf dimulai dengan lima ketukan menjorok ke

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan ukuran huruf 12 poin, jenis huruf Times New Roman, dan menggunakan kertas ukuran
  2. Margin penulisan: Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan 1
  3. Panjang tulisan berkisar antara 25-30 halaman dan tidak termasuk daftar
  4. Halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor
  5. Subjudul ditulis rata kiri dengan huruf besar yang ditebalkan, jenis huruf Times new roman, dan ukuran
  6. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut. Judul tabel harus merepresentasikan isi tabel dan gambar yang ditulis dengan rata tengah. Sumber Tabel dan Gambar harus dicantumkan.

 SISTEMATIKA PENULISAN FORMAT STUDI EMPIRIS

1. JUDUL

Judul harus merefleksikan isi artikel yang ditulis dengan singkat dan tidak lebih dari 12 kata untuk artikel yang menggunakan bahasa Indonesia serta tidak lebih dari 10 kata untuk artikel yang menggunakan bahasa Inggris. Penulis mencantumkan nama, asal institusi, dan alamat e-mail di bawah judul. Gelar akademik tidak perlu dicantumkan. Jika artikel ditulis oleh lebih dari satu penulis, maka nama penulis yang menjadi corresponding author harus dinyatakan secara jelas. 

 2. ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak memuat ringkasan mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ± 200 kata dan diikuti dengan penulisan kata kunci. Abstrak dalam bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring. Kata kunci terdiri dari 3 –5 suku kata yang mencerminkan konsep-konsep penting yang digunakan dalam artikel.

 3. PENDAHULUAN

Bagian ini memuat latar belakang, tujuan atau motivasi penelitian yang dipicu oleh keberadaan suatu fenomena, research gap, conflicting results, dan juga memuat kontribusi penelitian.

4. TINJAUAN LITERATUR DAN PERUMUSAN HIPOTESIS.

Bagian ini berisi kajian-kajian teori dan pengembangan argumen konseptual yang menjadi dasar dalam perumusan hipotesis. Namun perlu ditekankan bahwa artikel yang merupakan hasil pemikiran kritis atau studi literatur tidak perlu merumuskan hipotesis.

5. METODE PENELITIAN

Bagian ini berisi rancangan penelitian atau desain penelitian yang mencakup model penelitian, prosedur pengambilan sampel, definisi operasional dan pengukuran variabel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis yang digunakan.

6. HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menyajikan karakteristik sampel dan hasil analisis data yang terdiri dari statistik deskriptif, pengujian hipotesis, diskusi hasil, dan generalisasi hasil temuan.

 7. SIMPULAN

Bagian ini memuat simpulan penelitian, implikasi dan saran untuk penelitian berikutnya.

8. DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini memuat sumber-sumber acuan yang digunakan dan hanya yang digunakan dalam naskah saja yang termuat dalam daftar pustaka.

 

 FORMAT STUDI ANALITIS

 1. JUDUL

Judul harus merefleksikan isi artikel yang ditulis dengan singkat dan tidak lebih dari 12 kata untuk artikel yang menggunakan bahasa Indonesia serta tidak lebih dari 10 kata untuk artikel yang menggunakan bahasa Inggris. Judul ditulis rata tengah, huruf besar, tipe huruf Times New Roman, dan ukuran huruf 12. Penulis mencantumkan nama, asal institusi, dan alamat e-mail di bawah judul. Gelar akademik tidak dicantumkan. Jika artikel ditulis oleh lebih dari satu penulis, corresponding author harus dinyatakan secara jelas.

2. ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak memuat ringkasan mengenai masalah penelitian dan tujuan penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris berkisar antara 100-200 kata dan diikuti dengan penulisan kata kunci. Abstrak dalam bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring. Kata kunci terdiri dari 3–5 suku kata yang mencerminkan konsep-konep penting yang digunakan dalam artikel.

 3. PENDAHULUAN

Bagian ini memuat latar belakang, tujuan atau motivasi penelitian dan kontribusi penelitian.

4. PEMBAHASAN

Bagian ini memaparkan isu yang menjadi perhatian penulis disertai dengan argumen, analisis kritis, pendapat, dan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada.

 5. SIMPULAN

Bagian ini memuat simpulan yang diambil dari pandangan kritis penulis, implikasi terhadap cara pandang masalah-masalah akuntansi, keuangan, dan bisnis kontamporer serta saran (jika ada) bagi pengembangan disiplin ilmu yang terkait di masa yang akan datang.

 6. DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini memuat sumber-sumber acuan yang digunakan dan hanya yang digunakan dalam naskah saja termuat dalam daftar pustaka.

TATA CARA PENGUTIPAN DALAM TEKS

Sumber yang diacu dalam tulisan harus dinyatakan diantara kurung buka dan kurung tutup dengan menyebut nama akhir penulis dan tahun yang dipisahkan dengan tanda koma, serta nomor halaman jika diperlukan. Berikut contoh cara pengutipan yang berlaku:

 Mengutip nama

    1. Kutipan berasal dari satu penulis: (Hartono, 2012).
    2. Kutipan berasal dari dua penulis: (Jane dan John, 2015)
    3. Kutipan berasal dari tiga atau lebih penulis: (DeChow et al., 2013)
    4. Lebih satu sumber dari penulis yang berbeda: (Gul, 2010; Lako, 2015)
    5. Lebih satu sumber dari penulis yang sama: (Krishnan, 2003, 2005).
    6. Lebih satu sumber dari penulis sama dan tahun yang sama: (Klein, 2002a, 2002b)
  1. Kutipan yang disertai nomor halaman: (Lennox, 2005: 205).
  2. Menggunakan nama penulis dalam teks.: “DeFond (2010) menyatakan ...”
  3. Menggunakan nama penulis di akhir kalimat: ... dari kualitas auditor (Gul dkk., 2010)
  4. Sumber kutipan berasal dari institusi: (IAI, 1994).

 TATA CARA PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun menurut abjad sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Berikut contoh penulisan daftar pustaka yang berasal dari berbagai sumber:

1. Pengutipan dari buku

 Satu penulis:

Watts, R., and J. Zimmerman. 1986. Positive accounting theory. Engelwood Cliffs, NJ: Prentice Hall

 Dua penulis:

Supomo, B., dan N. Indrianto. 2002. Metodologi Penelitian untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

2. Pengutipan dari buku elektronik

Gujarati, D.N. 2001. Basic Econometrics. Diunduh dari: http://tocs.ub.uni-mainz.de/pdfs/107610957.pdf

3. Pengutipan dari jurnal

Cohen D; M.N Darrough; R. Huang; and T. Zach. 2011. Warranty reserve: contingent liability, information signal, or earnings management tool?. The Accounting Review 86: 569-604.

4. Pengutipan dari makalah seminar

Siregar, V. dan S. Utama. 2005. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Praktek Corporate Governance Terhadap Pengelolaan Laba (Earnings Management) Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo, 15-16 September 2005.

5. Pengutipan dari Kertas Kerja (Working Paper)

Burgstahler, D. and M. Eames. 1998. Management of earnings and analyst forecasts. Working paper, University of Washington, Seattle, WA, and Santa Clara University, Santa Clara, CA.

6. Pengutipan dari Tesis atau Disertasi

Butar Butar, S. 2013. Implikasi regulasi pasar modal terhadap motif manajemen laba. Disertasi tidak diterbitkan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia

7. Pengutipan dari suatu institusi:Ikatan Akuntan Indonesia (1994), “Standar Profesional Akuntan Publik”, Jakarta, Devisi Penerbitan IAI.

8. Pengutipan dari sumber Internet

Putri, A.W. 2015. Hindari salah kaprah terkait revaluasi aset. Diakses pada 27 Oktober 2016, dari http://swa.co.id/swa/trends/business-research/

9. Pengutipan dari majalah populer

Siringoringo, L. dan D. Putriadita. 2016.Ada apa dengan saham Kimia Farma?

Kontan, hal. 13

10. Pengutipan dari surat kabar harian

Perdana, P. 2016. 27 Oktober. Agar tanda tangan tak mudah dipalsukan. Kompas, hal. 2.

TABEL DAN GAMBAR

 Tabel yang dihasilkan oleh perangkat lunak statistik harus dimodifikasi terlebih dahulu agar sesuai dengan maksud dan tujuan

  1. Tabel atau gambar diberi nomor urut yang sesuai dan diberi penjelasan dengan mengacu pada nomor tabel atau gambar
  2. Tabel atau gambar yang merupakan kutipan harus mencantumkan

PENGIRIMAN ARTIKEL

File yang berisi artikel dalam format Microsoft word dan identitas penulis dikirim ke alamat email: gunayanti2017@gmail.com

PROSES REVIEW

Proses review tahap pertama dilakukan oleh editor JIKI dan jika dinyatakan lolos akan dilanjutkan kepada dewan

  1. Proses review tahap kedua dilakukan oleh dewan penyunting secara blind review dengan kemungkinan hasil sebagai berikut: Diterima tanpa perbaikan, Diterima dengan perbaikan (minor atau mayor), atau Ditolak.